200 KK Korban Kebakaran di Jakut Mengungsi ke Tenda BPBD

Nasional162 Dilihat

JAKARTA – 200 Kepala Keluarga (KK) korban kebakaran di Kelurahan Kapuk Muara RT 01/RW 03, Penjaringan, Jakarta Utara mengungsi di tenda-tenda yang telah disiapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

Lurah Kapuk Muara Jason Simanjuntak mengatakan, 200 KK dengan jumlah jiwa diperkirakan kurang lebih 1.000 jiwa yang mengungsi ke dua tenda yang sudah didirikan.

“Kami juga sedang mendirikan dua tenda tambahan dari BPBD dan Palang Merah Indonesia (PMI),” katanya.

Kebakaran yang melanda permukiman padat penduduk tersebut dapat dilokalisir oleh petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dengan mengerahkan 25 unit mobil pemadam dan personel berjumlah 140 orang.

Api dipastikan tidak dapat menjalar ke bangunan lain yang berada di sekitar kawasan tersebut.

Jason mengatakan, belum mendapat laporan terkait jumlah korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa tersebut. Namun dia memastikan para penyintas kebakaran itu sudah berada di tempat yang aman.

“Mereka membutuhkan pakaian, pakaian dalam, popok bayi dan lansia serta bantuan obat-obatan,” kata Jason.

Kawasan yang terbakar merupakan wilayah Kampung Empang. Akibat kebakaran itu, sebagian rumah yang berada di sana ludes dilalap api.

Tak hanya itu, sebuah gudang yang lokasinya berdekatan dengan permukiman warga juga ikut terbakar.

“Sebenarnya ada gudang yang menyimpan berbagai barang termasuk kayak parfum, triplek, plastik dan berbagai barang juga ada,” kata Jason.

Petugas Suku Dinas (Sudin) Gulkarmat Jakut masih melakukan pendinginan material yang terbakar agar tidak menimbulkan penyalaan kembali.

Adapun untuk penyebab kebakaran sedang diselidiki oleh pihak Kepolisian Sektor Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut).

Baca Juga:   Jokowi Usulkan Kenaikan Gaji ASN/Polri/TNI Sebesar 8 Persen pada 2024

Komentar