Pemkab Purwakarta Targetkan 6 Ribu UMKM Berlabel Halal Tahun Ini

Bisnis158 Dilihat

PURWAKARTA – Pemkab Purwakarta menargetkan, 6 ribu produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Purwakarta sudah berlabel halal tahun ini.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Purwakarta, Asep Surya Komara mengatakan, sejak awal tahun 2023, sudah ada sekitar 2 ribu produk UMKM yang telah mendapat sertifikat halal.

“Targetnya, hingga akhir tahun nanti ada 6 ribu produk UMKM yang telah berlabel halal,” katanya dilansir dari ANTARA, Senin (31/7/2023).

Ia menyebutkan kalau label halal dari Kementerian Agama dalam sebuah produk itu diperlukan sebagai bagian dari kelengkapan atau syarat sebelum dijual ke pasaran.

Pemkab Purwakarta telah bekerjasama dengan Kementerian Agama setempat untuk membantu para pelaku UMKM supaya produk mereka bisa mendapatkan sertifikat halal.

“Sertifikasi halal penting agar memberikan kepastian dan kenyamanan bagi konsumen,”katanya.

Asep menyampaikan, untuk mendaftarkan produk mendapat sertifikasi halal dari Kementerian Agama, caranya cukup mudah.

Menurut dia, para pelaku UMKM tinggal mendaftar ke Kemenag Purwakarta, dan untuk mendapat sertifikat halal ini tak dipungut biaya.

Ia mengaku akan berupaya untuk terus mendorong dan mengedukasi para pelaku UMKM di daerahnya.

Hal tersebut dilakukan, karena selain berkaitan dengan syarat edar, ada beberapa hal yang ditekankan kepada para pelaku UMKM. Di antaranya harus lebih memerhatikan soal kualitas produk, kuantitas produksi, dan kemasan.

Ia menyebutkan, hingga saat ini jumlah pelaku UMKM di Purwakarta mencapai 44.000 pelaku usaha, tersebar di 17 kecamatan sekitar. Mayoritas, UMKM ini bergerak di sektor makanan dan minuman.***

Baca Juga:   Pemkot Bogor Ajak Koperasi Kolaborasi untuk Pengembangan Ekonomi Masyarakat

Komentar